wordpress-themes.org

HTCK Satlantas

LOGO SATLANTAS

HUBUNGAN TATA CARA KERJA (HTCK)
SAT LANTAS POLRES KUDUS

I. PENDAHULUAN

1. UMUM

a. Sat Lantas adalah Unsur Pembantu Pimpinan dan unsur Pelaksan tugas pokok Polres Kudus yang berada di bawah Kapolres Kudus, yang dalam tugasnya menyelenggarakan dan membina fugsi Lalu Lintas Kepolisian yang meliputi Turjawali, Dikyasa, Reg Ident Ranmor / Pengemudi, Idik Laka dan Gakkum di bidang Lalu Lintas dalam rangka menciptakan Kamseltibcar Lantas.

b. Dalam rangka menumbuhkembangkan partisipasi masyarakat dalam rangka menciptakan Kamseltibcar Lantas maka Sat Lantas Polres Kudus membina hubungan dan kerja sama dengan organisasi / lembaga / tokoh masyarakat, instansi pemerintah dan instansi perundang-undangan yang berlaku dalam berlalu lintas.

2. DASAR

Undang-undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

3. MAKSUD DAN TUJUAN

a. Maksud

Penyusunan HTCK pada Sat Lantas Polres Kudus dengan maksud memberikan kejelasan dalam pelaksanaan tugas kelalu lintasan di lingkungan Mapolres Kudus sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Sat Lantas.

b. Tujuan

Diharapkan untuk dapat dijadikan acuan / pedoman dalam pelaksanaan tugas Sat Lantas.

4. RUANG LINGKUP

Ruang lingkup penyusunan Hubungan Tata Cara Kerja Sat Lantas ini terbatas pada fungsi, tupok dan peranan sat lantas dalam pelaksanaan sehari-hari.

5. TATA URUT

I. PENDAHULUAH
II. KEDUDUKAN TUGAS DAN FUNGSI SAT LANTAS
III. SUSUNAN ORGANISASI SAT LANTAS
IV. HUBUNGAN TATA CARA KERJA
V. PENUTUP

II. KEDUDUKAN TUGAS DAN FUNGSI SAT LANTAS

1. Sat Lantas adalah unsur pembantu pimpinan dan pelaksana Staf Polres Kudus yang berada di bawah Kapolres Kudus.

2. Sat Lantas bertugas melaksanakan Turjawali, Dikmas Lantas, Rekayasa Lalu Lintas, Registrasi dan Identifikasi, Penyidikan Laka Lantas dan Penegakan Hukum dalam bidang Lalu Lintas guna memelihara keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan kelancaran Lalu Lintas.

3. Dalam melaksanakan tugas menyelenggarakan dan melaksanakan pembinaan partisipasi masyarakat melalui kerjasama lintas sektoral dengan pemerintah daerah, organisasi dan lembaga sosial masyarakat.

III. SUSUNAN ORGANISASI

1. Sat Lantas di Pimpin oleh Kepala Satuan Lalu Lintas, disingkat Kasat Lantas yang bertanggung jawab kepada Kapolres dan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari di bawah kendali Waka Polres Kudus.

2. Kasat Lantas dalam melaksanakan tugas kewajibannya dibantu oleh :

a. Kepala Urusan Pembinaan Operasional, disingkat Kaur Bin Ops
b. Kepala Urusan Administrasi dan Ketatausahaan, disingkat Kaurmintu
c. Kepala Unit Registrasi dan Identifikasi, disingkat Kanit Reg Ident
d. Kepala Unit Laka Lantas, dkisingkat Kanit Laka Lantas
e. Kepala Unit Pengaturan Penjagaan Pengawalan dan Patroli, disingkat Kanit Turjawali
f. Kepala Unit Pendidikan dan Rekayasa, disingkat Kanit Dikyasa

IV. HUBUNGAN TATA CARA KERJA

1. Internal

a. Kasat Lantas adalah unsur pembantu pimpinan pada tingkat Polres Kudus yang dalam pelaksanaan tugasnya di bawah Kapolres Kudus dan dalam tugas sehari-hari dikendalikan oleh Waka Polres Kudus, selanjutnya dalam pelaksanaan tugas opsnalnya koordinasi dengan Bag Ops Polres Kudus.

b. Dalam pelaksanaan tugas, baik secara Administratif maupun Operasional dibantu oleh Kaur Bin Ops, Kaurmintu dan para Kanit.

c. Kasat Lantas melaksanakan hubungan dan kerja sama dengan Bag Sumda Polres Kudus dalm rangka Bin Kuat (Pembinaan Kekuatan) dan kesejahteraan personil.

d. Kasat Lantas melaksanakan hubungan dan kerja sama dengan Bag Ren dalam perencanaan.

e. Kasat Lantas melaksanakan hubungan dan kerja sama dengan Polsek Urban / Kota dalam rangka koordinasi pelaksanaan tugas Turjawali dan Polmas.

f. Kasat Lantas melaksanakan hubungan dan kerja sama dengan Sat Intelkam dalam rangka pengumpulan dan pengolahan data serta informasi yang berkaitan dengan masalah sosial yang ada kaitannya dengan aspek Kamseltibcar Lantas.

g. Kasat Lantas melaksanakan hubungan dan kerja sama dengan Sat Sabhara dalam rangka pelaksanaan tugas Turjawali.

h. Kasat Lantas melaksanakan hubungan dan kerja sama dengan Sat Reskrim dalam rangka penanganan masalah Idik laka Lantas.

i. Kasat Lantas melaksanakan hubungan dan kerja sama dengan Sat Binmas dalam rangka memberikan penerangan kepada masyarakat tentang sopan santun berlalu lintas, pembentukan dan pelatihan PKS / BKLL.

j. Kasat Lantas melaksanakan hubungan dan kerja sama dengan Sat Tahti dalam rangka kaitan dengan penanganan tersangka dan barang bukti.

k. Kasat Lantas melaksanakan hubungan dan kerja sama dengan Propam dalam rangka Pengawasan Internal Anggota.

2. Eksternal

a. Kasat Lantas melaksanakan hubungan dan kerja sama dengan Pemerintah Kota Kudus Pelaksanaan Tugas :

1) Penanganan Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor
2) Penanganan Masalah Lalu Lintas (Team Traffic Board)
3) Penanganan KTL (Kawasan Tertib Lalu Lintas)
4) Dikmas Lantas (Penerangan Keliling)
5) Pengadaan Infra Struktur Jalan

b. Kasat Lantas melaksanakan hubungan dan kerja sama dengan Diknas dalam rangka Dikmas Lantas sosialisasi tertib lalu lintas tkigkat pelajar dan guru.

c. Kasat Lantas melaksanakan hubungan dan kerja sama dengan TNI dalam rangka Dikmas Lantas sosialisasi tertib lalu lintas terhadap anggota TNI / PNS keluarga.

d. Kasat Lantas melaksanakan hubungan dan kerja sama dengan Kejaksaan dan Pengadilan dalam rangka koordinasi penanganan perkara Laka Lantas dan Pelanggaran Lalu Lintas.

e. Kasat Lantas melaksanakan hubungan dan kerja sama dengan Rumah Sakit dalam rangka koordinasi penanganan korban Laka Lantas.

f. Kasat Lantas melaksanakan hubungan dan kerja sama BRI dalam rangka pembayaran bea SIM, Samsat dan BPKB dan koordinasi penanganan denda Tilang.

g. Kasat Lantas melaksanakan hubungan dan kerja sama dengan Dishubkom dan Info dalam rangka perbaikan, pengadaan rambu dan mewujudkan Kamseltibcar Lantas.

h. Kasat Lantas melaksanakan hubungan dan kerja sama dengan Dinas PU dalam rangka perbaikan dan pengadaan sarana dan prasarana jalan.

i. Kasat Lantas melaksanakan hubungan dan kerja sama dengan Sat Pol PP dalam rangka mewujudkan keamanan dan ketertiban di sepanjang jalur KTL (Kawasan Tertib Lalu Lintas).

j. Kasat Lantas melaksanakan hubungan dan kerja sama dengan Jasa Raharja dalam rangka mempercepat proses klaim santunan / asuransi kecelakaan lalu lintas.

V. PENUTUP

Demikian Hubungan Tata Cara Kerja (HTCK) Satuan Lalu Lintas Polres Kudus dibuat dengan harapan dapat dijadikan pedoman dalam pelaksanaan tugas operasional maupun Staf dilingkungan Satuan Lalu Lintas Polres Kudus.

Kudus, Maret 2013
KASAT LANTAS

IHRAM KUSTARTO, S.H.. S.I.K.
AKP NRP 82051523